Fakta-Fakta Menarik Si Pemilik ‘Alibaba’ Jack Ma

Fakta-Fakta Menarik Si Pemilik ‘Alibaba’ Jack Ma

Jack Ma lahir pada tanggal 15 Oktober 1964 di Hangzhou Zheijang China. Selain menjadi beberapa orang yang paling berpengaruh di Tiongkok, ia juga menjadi miliader muda di dunia yang berasal dari keluarga sederhana. Meski dinobatkan menjadi beberapa orang yang paling berpengaruh di Tiongkok, ternyata Jack Ma juga pernah mengalami kegagalan di awal merintis usaha. Berikut fakta menarik dari Jack Ma sebagai beberapa orang yang paling berpengaruh di Tiongkok:

Fakta-Fakta Menarik Si Pemilik ‘Alibaba’ Jack Ma
  • Prestasi di bawah rata-rata

Saat Jack Ma menempuh pendidikan di sekolah, ia selalu memperoleh prestasi di bawah rata-rata siswa sekelasnya. Jack Ma mengaku pernah gagal dalam ujian sekolah dasar sebanyak dua kali, dan tiga kali gagal dalam ujian yang membuatnya hampir tidak sekolah menengah. Selain tidak pintar matematika, ia juga mengaku sampai dewasa tidak pernah mengenal computer.

  • Bekerja sebagai pemandu wisata

Untukmengasah keterampilan bahasa inggrisnya, Jack Ma menggunakan setiap kesempatan yang ada, seperti menjadi pemandu wisata para turis. Ia melakukan pekerjaan ini kurang lebih Sembilan tahun dengan gratis, sebab ia hal tersebut dilakukan hanya untuk meningkatkan skill-nya dalam bebahasa inggris.

  • Pernah ditolak KFC

Bersama dengan 23 para pendaftar lainnya Jack Ma pernah mendaftar di KFC saat pertama kali dikenalkan ke China. Namun dari total keseluruhan 24 pelamar tersebut, semuanya diterima kecuali dirinya. Dan kegagalan ini ia hubungkan dengan tubuhnya yang kurus serta fisiknya yang pendek.

  • Pernah ditolak 30 kali

Setelah lulus menempuh pendidikan, Jack Ma melamar beberapa pekerjaan dalam berbagai bidang. Namun hampir di setiap lamaran yang ia ajukan mendapat penolakan kurang lebih 30 kali. Saat ia mencoba mendaftar menjadi perwira polisi, ia ditolak dengan ucapan ‘kamu tidak baik’.

  • 10 kali ditolak Harvard

Jack Ma pernah mengajukan permohonan ke Universitas Harvard secara terus menerus, namun hasilnya ia ditolak sebanyak 10 kali. Kemudian ia bertolak ke Hangzhou Dianzi University untuk menjadi dosen dan mengajar perdagangan internasional dan bahasa inggris. Meski hanya mendapatkan gaji yang tidak seberapa, namun ia tetap mencintai pekerjaannya.

Categories: